Minggu, 20 Agustus 2023

Langkah-Langkah Menanam Microgreens

 Langkah-Langkah Menanam Microgreens

    

Menanam microgreen di halaman atau pekarangan rumah dapat dilakukan dengan melaksanakan langkah-langkah sebagai berikut:

1.  Menentukan benih yang akan ditanam: benih yang digunakan pada umumnya yaitu benih sayuran dengan masa tanam yang dibutuhkan hingga panen (7-14 hari).


2. Mempersiapkan media tanam: media tanam yang dapat digunakan terdiri dari beberapa macam, seperti tanah, sabut kelapa, aram sekam, rockwool, hidroton, dan lain sebagainya.


3. Memasukkan media tanam ke dalam wadah dengan berbagai macam bentuk yang bisa disesuaikan dengan ketersediaan wadah, jenis media tanam, dan benih yang akan ditanam


4. Taburkan benih ke dalam media tanam dengan jumlah yang harus disesuaikan (tidak boleh terlalu sedikit atau terlalu banyak). Selain itu, taburan benih sebisa mungkin disesuaikan jaraknya agar microgreens tumbuh dengan baik.

5. Menyiram benih microgreens dengan rutin dan teratur hingga masa panen yang dapat disesuaikan dengan rentang 7-14 hari.

    Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, saat ini langkah menanam microgreens sudah sangat mudah yaitu dengan penggunaan KIT MICROGREENS. Salah satunya yaitu dengan penggunaan produk MICROFARM

    Kit microgreens terdiri dari tray microgreens, media tanam berupa sabut kelapa atau coco fiber, dan komponen benih. Benih yang akan diisi ke dalam kit microgreens adalah benih lobak/radish (Raphanus Sativus L), brokoli (Brassica oleracea Var italica), bunga matahari/sunflower (Helianthus annuus), kale (Brassica oleracea L. var. acephala), arugula (Eruca vesicaria). Berbeda dengan benih yang diisi ke dalam kit microgreens untuk anak anak adalah benih bayam (Amaranthus caudatus), sawi/mustard (Brassica juncea), dan wheatgrass (Triticum monococcum).



Proses penggunaan kit: dimulai dari pembukaan kemasan. Kemudian, dilakukan pengecekan kit yang terdiri dari tray, komponen benih, dan brosur tutorial menanam. Selanjutnya, dibuka kemasan komponen dan diletakkan di atas tray, serta tutup tray diletakkan dibagian bawah. Lalu, disiram komponen benih secara menyeluruh dan dipastikan coco fiber atau sabut kelapa telah lembab. Kit microgreens pada day 0 diusahakan untuk disimpan pada keadaan gelap. 

pada saat Day 2 benih dapat diamati telah berkecambah seperti pada gambar.

pada saat Day 3 benih pada kit microgreens akan terlihat semakin tinggi dan menekan paper towel ke arah atas. Di fase ini kit microgreens harus disimpan pada keadaan terang (diusahakan mendapatkan cahaya matahari secara menyeluruh).

pada saat Day 4 benih semakin meninggi bahkan telah menembus paper towel, di fase ini paper towel dapat dibuka agar microgreens dapat tumbuh secara maksimal.

Pada saat Day 7 microgreens telah mencapai tinggi minimal untuk syarat panen. Microgreens dapat dipanen pada Day 7-14 disesuaikan dengan selera konsumen.



    Kit microgreens yang diproduksi oleh MICROFARM ini sangat memudahkan para konsumen terutama para pemula yang baru belajar dalam bidang pertanian. Kit microgreens ini juga bisa didapatkan dengan sangat mudah dengan satu kali klik. Apabila kalian semua penasaran dan ingin mencoba memproduksi sayur kecil, bergizi, dan sehat ini.... Silahkan klik tautan telegram berikut yaaa (Kit Microgreens)




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar