Senin, 14 Agustus 2023

Microgreens: solusi urban farming

Microgreens: solusi urban farming

[SAYURAN TINGGAL HAP? SAYURAN KEKINIAN? SOLUSI URBAN FARMING DI INDONESIA?] 

Sayuran tinggal hap? Sayuran apaan sih kok bisa tinggal hap? Apaan sih maksudnya kok hap? Sayuran kekinian? Emang yang kaya gimana sih? Tenang guyss.. Berikut adalah penjelasan sayuran kekinian yang tinggal hap... 

 MICROGREENS



Microgreens merupakan wujud pertanian modern. Microgreens adalah bibit sayuran yang dipanen saat masih sangat muda, berkisar 7-14 hari setelah mulai berkecambah dan muncul daun mudanya. Sayuran microgreens berukuran lebih kecil dan lebih mungil disebabkan oleh umurnya yang lebih muda dibandingkan dengan sayuran normal lainnya. 

Pada umumnya microgreens memiliki rasa yang menyengat dan eksotis, tergantung dari jenisnya. Rasa tersebut diantaranya yaitu netral, pedas, pahit, asam, atau rempah yang kuat. Ada berbagai macam sayuran yang termasuk kedalam microgreens antara lain yaitu bayam, aragula, lobak, kemangi, seledri, selada air, ketumbar, peterseli, kucai, daun bawang, kubis, kembang kol, bit, dan brokoli, serta jenis kacang yaitu kacang polong dan kacang arab. Microgreens ini dipercaya mengandung sumber vitamin, mineral, dan betakaroten lebih tinggi daripada saat dewasa. Bahkan, zat gizi yang terkandung dalam microgreens lebih menguntungkan hingga 4-6 kali. Daun tumbuhan yang baru tumbuh ini masih kaya akan minyak nabati dan protein. Pada sayuran dewasa minyak nabati dan protein ini sudah habis dipakai sewaktu tanaman masih muda. Masing-masing jenis microgreens ini memiliki zat gizi yang berbeda. 

Microgreens memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan manusia, diantaranya yaitu dapat mengobati flu dan batuk, mengandung zat besi yang berlimpah, mengadung fosfor dan kalsium, mencegah penyakit alzheimer dan demensia, mengandung kalium, meningkatkan kecerdasan otak anak, menjaga kesehatan kulit, mencegah kanker payudara, memperbaiki gizi buruk dan meningkatkan berat badan, mencegah sakit maag, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah jantung koroner, mempercepat penyembuhan luka pasca operasi, mengobati insomnia dan hipersomnia dan masih banyak lagi manfaat dari microgreens ini. 

Pengolahaan dari microgreens ini sangat mudah yaitu tinggal hap. Tinggal hap disini diartikan microgreens dapat langsung dimakan setelah dipanen dan dicuci oleh air bersih. Microgreens juga bisa dihidangkan dalam makanan sehari-hari, contohnya sebagai taburan sup, omelet, dan salad, sebagai taburan jus atau smoothies untuk rasa yang lebih segar, sebagai hiasan atau garnish di hidangan utama, serta menjadi tambahan untuk makanan seperti taco, burger, kebab, dan sebagainya. 

Dalam pembudidayaannya microgreens sebagai sayuran kekinian yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia sangat mudah dipelajari dan dibudidayakan. Bahkan untuk saat ini, budidaya microgreens sedang digembor-gemborkan menjadi teknik budidaya kaum urban masa kini. Disebabkan oleh berbagai masalah seperti lahan pertanian semakin sempit, sementara penduduk semakin bertambah yang secara tidak langsung menyebabkan produktivitas lahan menjadi menurun sehingga akan menyebabkan masalah pangan di kemudian hari. 

Budidaya kaum urban untuk microgreens dapat menjadi solusi pertanian masa kini. Microgreens tidak membutuhkan lahan yang luas, bahkan budidaya microgreens dapat dilakukan di rumah. Pembudidayaan microgreens dapat dikatakan lebih mudah dibandingkan dengan pembudidayaan lainnya, seperti hidroponik, akuaponik, maupun budidaya vertikal. Poin terpenting dalam budidaya microgreens yaitu sayuran tidak menggunakan pupuk kimia dan biji yang digunakan harus yang bebas dari pestisida. Media yang digunakan dalam budidaya microgreens juga harus steril dari bakteri E.coli , contohnya bisa menggunakan tanah, rockwool, perlite, dan vermiculite. Microgreens sebagai sayuran kekinian yang perkembangannya meningkat di Indonesia juga dapat menjadi peluang bisnis bagi kaum urban ataupun para petani muda. Microgreens dapat menjadi makanan sehat masa depan yang tinggal hap dengan segudang manfaat untuk kesehatan dan kemudahan dalam pembudidayaannya.   


Referensi: http://grunteman.com/mengolah-microgreens/ https://www.pertanianku.com/apa-itu-microgreens-ini-penjelasannya/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/mengenal-microgreen-teknik-budidaya-kaum-urban?page=1 https://www.kompasiana.com/microgreensindonesia/56e422e5e9afbd9820feb3e6/microgreens-sayuran-mini-sejuta-manfaat?page=all https://www.khasiat.co.id/sayur/microgreens.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar